You Are Here: Home» Feature , headline , info » Al-Amal Peringati Nuzulul Quran dengan Extra Kultum

Dalam rangka memperingati Nuzulul Quran, Masjid Al-Amal Setiabudi menyelenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2011 Extra Kultum dengan tema "Lebih Dekat dengan Al-Quran" yang diisi oleh Direktur Rumah Quran Darut Tarbiyah. Acara terselenggara atas ide dari Imam Masjid Rawatib Masjid yang ingin mempersembahkan menu spesial untuk para jamaahnya juga ingin lebih mendekatkan jamaah pada Al-Quran. Mungkin ada yang bertanya :
Kenapa nama acara Extra Kultum ?
Extra Kultum adalah istilah yang dikeluarkan oleh Pengurus Harian Masjid Al-Amal, Bpk H. Asman Manan ketika dikonfirmasi dan dikonsultasikan tentang acara memperingati Nuzulul Quran ini. Biasanya, di Masjid Al-Amal setiap ba'da dhuhur selalu ada kultum yang disampaikan oleh Ustadz Dadan Ramdani. Nah, karena pada hari ini acara sepesial karena mengundang pembicara dari luar juga waktunya lebih lama, maka dinamailah acara ini dengan Extra Kultum.
Kenapa acaranya tanggal 16?
Pertamanya, acara direncanakan pada tanggal 17 Agustus 2011 yang bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan yang oleh banyak para ulama dikatakan hari turunnya Al-Quran. Namun, karena tanggal 17 Agustus itu hari libur, maka acara dimajukan menjadi tanggal 16 Ramadhan. Yah, lumayan gak terlalu jauh dari tema.

Tanggapan Jamaah
Biasanya, para jamaah Al-Amal setelah shalat sebagian besar selalu memanfaatkan sisa waktu istirahat untuk tidur sejenak. Namun, karena pada hari ini ada acara Extra Kultum maka sebagian besar jamaah menyimak ceramah ustadz dengan seksama. Ada juga sebagian jamaah yang tidur seperti biasanya, tapi tidak banyak. Memang, dari Ashar sehari sebelumnya sudah dipasang pengumuman bahwa di Masjid Al-Amal akan ada kultum spesial jadi sebagian besar jamaah secara psikologis sudah siap dengan acara tersebut. Selain itu, sebelum ustadz menyampaikan taushiahnya, moderator membuat kesepakatan bersama jamaah bahwa acara ini akan berlangsung 30 menit. Ya, memang agak molor dikit menjadi 45 menit, tapi sepertinya jamaah tidak merasa terganggu.
Memang, setelah ustadz selesai menyampaikan materinya, moderator meminta maaf atas kelebihan waktu ustadz menyampaikan materi dan mempersilahkan
Tags: Feature , headline , info

0 komentar

Leave a Reply